Rabu, 16 Oktober 2013

Bunda Putri Oh Bunda Putri, Siapa sih?

Oleh Ali Topan DS

Sosok Bunda Putri tiba-tiba menjadi perbincangan banyak orang. Hampir media elektrotik dan cetak memberitakan soal Bunda Putri. Sosok yang dianggap anak salah satu pendiri Partai Golkar ini disebut oleh Lutfi Hasan Ishak saat bersaksi dalam kasus suap impor daging. Menurut LHI, Bunda Putri adalah soerang yang dekat dengan Istana (Presiden SBY). Bahkan, ia dianggap mengetahui apa saja kebijakan SBY terhadap pemerintahan, khususnya persoalan reshuffle.
Sontak, dengan penuh kemarahan, SBY memberi keterangan pers bahwa apa yang menjadi pernyataan LHI adalah bohong besar. Dengan penuh luapan emosi, SBY bahkan mengatakan kebohongan tersebut sampai 1000-2000 persen. LHI dianggapnya tidak ksatria. Jika diamati, kalimat-kalimat SBY yang metaforis menyiratkan pesan bahwa ia tak mengenal sosok Bunda Putri dan merasa gerah dengan ocehan LHI.
Banyak pihak yang mendesak agar identitas Bunda Putri diungkap. Politisi Partai Gerindra mendesak SBY agar membuka identitas Bunda Putri. Menurutnya, kapasitas sebagai presiden harusnya lebih mudah untuk mengungkap identitas seseorang. Ketidakterbukaan SBY soal Bunda Putri mengurangi kepercayaan publik terhadap SBY. sementara itu Fahri Hamzah mendesak agar Bunda Putri dihadirkan dalam sidang. Hal ini dimaksud agar mengungkap siapa sebenarnya yang berbohong, apakah SBY atau LHI. Terkait pernyataan LHI soal kedekatan SBY dan Bunda.
Beredarnya foto perempuan yang dianggap Bunda Putri menambah maraknya pemberitaan di media. Terlebih, foto Bunda tersebut bersama pejabat negara seperti Dipo Alam, Mantan Menpora Andi Malaranggeng dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Mengenai kebenaran foto tersebut, Dipo mengaku tak mengenal dengan Bunda. Menurutnya sebagai pejabat ia sering dimintai foto dengan orang lain. Ia pun tak mengenal masing-masing dari mereka. Sementara itu, Purnomo mengaku kebenaran bahwa ia pernah berfoto dengan sosok Saputri (Bunda Putri) tersebut. Akan tetapi, ia tidak memiliki kedekatan khusus dengannya.
Foto-foto Bunda Putri dengan beberapa pejabat yang beredar memberi kesan bahwa ia bukan orang biasa. Tentu saja sangat mungkin jika ia memiliki kedekatan dengan Presiden SBY. salah seorang kerabat Bunda juga tidak menapik kedekatan Bunda dengan beberapa pejabat negara. Karena, kerabatnya tersebut kerapkali mendengarkan perbincangan Bunda dengan para pejabat.
Melalui pembacaan di atas, dapat disimpulkan bahwa: Adanya desakan dari beberapa pihak agar indentitas Bunda Putri segera terungkap; Foto-foto Bunda dengan beberapa pejabat yang beredar menunjukkan bahwa Bunda bukannya orang sembarangan, tentu saja ada kedekatan khusus dan tersembunyi; Pengungkapan identitas Bunda yang dinilai molor, memunculkan spekulasi bahwa ada upaya menyembunyikan Bunda. Polri yang selama ini menyirir keberadaan Bunda harus berada pada posisi independen. Tidak boleh ada elit “berkepentingan” yang mencampuri upaya pencarian Bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar